Search

Terinspirasi dari burung, drone ini punya efisiensi tinggi - tek.id

Terinspirasi dari burung, drone ini punya efisiensi tinggi Source: Brown University via Engadget

Jarang sekali pesawat tanpa awak (drone) berukuran kecil memiliki daya tahan baterai lebih dari setengah jam saat terbang di udara. Hal yang menjadikan drone jenis itu kurang efisien daya adalah sayapnya yang pendek dan berukuran relatif tebal, meskipun sayap ini ini mampu bertahan dari hembusan angin.

Dilansir dari Engadget (3/2), untungnya para ilmuwan memiliki cara untuk mebuat drone lebih tahan lama dengan terinspirasi dari alam. Para peneliti di Brown University dan EPFL telah berhasil mengembangkan desain sayap yang dilhami burung sehingga diklaim mampu memberikan durasi penerbangan hampir 3 jam untuk drone kecil (100 gram), sekitar empat kali lipat lebih lama jika dibandingkan dengan drone seukuran.


BACA JUGA

Pemerintah AS hentikan penggunaan drone asal Tiongkok

DJI siapkan aneka drone baru tahun ini

Drone multifungsi PowerEgg X dipamerkan di CES 2020


Di mana ujung depan sayap pesawat berfokus pada aliran udara sebanyak mungkin, desain yang diciptakan ilmuwan tersebut memiliki ujung depan yang tajam (seperti burung kecil dan serangga) dengan sayap yang benar-benar rata, sehingga memisahkan aliran udara. Ini mengurangi efisiensi aerodinamika, tetapi dengan mudah mengompensasinya dengan memungkinkan rasio sayap yang jauh lebih besar sehingga meningkatkan daya angkat. Dan karena tidak memerlukan aerodinamika sayap pesawat tradisional, ia dapat menggunakan sayap dengan aspect ratio tinggi yang cukup tebal guna menopang dirinya sendiri dan menawarkan ruang untuk elemen seperti baterai.

Saat ini, desain baru sayap tersebut hanya benar-benar diuji di dalam terowongan angin, bukan di dalam lingkungan yang sangat realistis. Mungkin perlu beberapa saat sebelum ada uji coba lapangan yang tepat. Tim ilmuwan telah mematenkan desain dan berniat untuk memperbaikinya, jadi mungkin tidak terlalu lama sebelum drone kecil dapat bertahan selama berjam-jam secara teratur. Ini dapat berguna bagi para antusias hingga tim keamanan yang membutuhkan pengawasan drone sepanjang waktu.

 

Let's block ads! (Why?)



"burung" - Google Berita
February 03, 2020 at 09:13AM
https://ift.tt/2uVkWRW

Terinspirasi dari burung, drone ini punya efisiensi tinggi - tek.id
"burung" - Google Berita
https://ift.tt/30iE0IL

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terinspirasi dari burung, drone ini punya efisiensi tinggi - tek.id"

Post a Comment

Powered by Blogger.