Search

Ilmuwan Temukan Fosil Burung Purba Berusia 46 Ribu Tahun - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Baru-baru ini para ilmuwan menemukan fosil burung yang diperkirakan sudah hidup pada zaman es atau  46.000 tahun yang lalu. Burung tersebut juga diidentifikasikan masuk sebagai spesimen burung bertanduk.

Berbeda dengan fosil lain yang kerap sudah membatu dan hanya sisa tulang belulang. Fosil burung ini relatif utuh bahkan bulu-bulunya pun masih tampak jelas. 

Fosil burung ini sendiri ditemukan di bagian tanah yang masih membeku (permafrost) di sebuah desa Belaya Gora, di timur laut di Siberia oleh para pemburu fosil lokal lalu diteruskan kepada tim ahli, termasuk Nicolas Dussex dan Love Dalén dari Museum Sejarah Alam asal Swedia untuk pengujian.

Dilansir dari CNN, (24/2/2020), Dalén mengatakan bahwa penelitian menunjukkan burung tersebut mungkin merupakan nenek moyang dari dua subspesies burung yang hidup hari ini, satu di Rusia utara dan yang lainnya di stepa Mongolia.

"Temuan ini menyiratkan bahwa perubahan iklim yang terjadi pada akhir Zaman Es terakhir menyebabkan pembentukan subspesies baru," katanya.

Dikarenakan terkubur dalam es yang dingin. Dussex menerangkan bahwa fosil terawetkan dengan sangat bagus sampai bulu dan bentuknya masih cukup utuh.

Fakta bahwa spesimen yang kecil dan rapuh itu hampir utuh juga menunjukkan bahwa kotoran / lumpur harus diendapkan secara bertahap, atau setidaknya tanahnya relatif stabil sehingga bangkai burung dipertahankan dalam keadaan yang sangat dekat dengan waktu. kematian, "kata Dussex.

Tahap penelitian selanjutnya akan melibatkan pengurutan seluruh genom fosil burung tersebut, yang akan mengungkapkan lebih banyak tentang hubungannya dengan subspesies masa kini dan memperkirakan tingkat perubahan evolusi pada burung.

Dussex menggambarkan temuan ini sangat berharga karena memungkinkan para peneliti untuk mengambil DNA dan RNA, asam nukleat yang ada di sel-sel pada burung purba.

"Ini pada gilirannya akan membuka peluang baru untuk mempelajari evolusi fauna zaman es dan memahami respons mereka terhadap perubahan iklim selama 50-10 ribu tahun yang lalu," tambah Dussex.

[Gambas:Video CNBC]

(gus/gus)

Let's block ads! (Why?)



"burung" - Google Berita
February 24, 2020 at 08:30PM
https://ift.tt/2Pf1GWX

Ilmuwan Temukan Fosil Burung Purba Berusia 46 Ribu Tahun - CNBC Indonesia
"burung" - Google Berita
https://ift.tt/30iE0IL

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ilmuwan Temukan Fosil Burung Purba Berusia 46 Ribu Tahun - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.