Search

Ilmuwan Temukan Burung yang Dibekukan Selama 46 Ribu Tahun - Tempo

TEMPO.CO, Jakarta - Baru-baru ini, seekor burung yang diawetkan dengan sangat baik ditemukan terkunci di lapisan permafrost di timur laut Siberia. Para ilmuwan menganalisis sisa-sisa burung itu dan memperkirakan usianya sekitar 46 ribu tahun dan mempublikasikan dalam jurnal Communications Biology.

Nicolas Dussex, penulis utama penelitian, mengatakan fakta bahwa spesimen yang begitu kecil dan rapuh itu hampir utuh juga menunjukkan bahwa kotoran/lumpur telah diendapkan secara bertahap. “Tanahnya relatif stabil sehingga bangkai burung bertahan dalam keadaan yang dekat dengan zamannya,” kata dia, superti dikutip laman BGR, Minggu, 23 Februari 2020.

Siberia adalah salah satu tempat ditemukannya banyak fosil makhluk hidup yang berusia jutaan tahun laman. Para peneliti yang bekerja di wilayah tersebut telah menemukan segala macam hewan yang tetap beku selama puluhan ribu tahun sebelum ditemukan.

Seperti dilaporkan CNN, burung telah diidentifikasi sebagai spesies burung bertanduk. Dengan menyelami informasi genetik burung, para ilmuwan yang mempelajarinya telah mengaitkannya dengan spesies burung yang masih ada sampai sekarang, salah satunya sering ditemukan di Rusia utara.

Dussex menjelaskan, penemuan spesimen yang sangat utuh setelah hampir 50.000 tahun terkurung di tanah beku adalah kejadian langka. “Itu memberi para ilmuwan pandangan sekilas yang menarik tentang seperti apa planet ini selama Zaman Es,” ujarnya.

Jika cerita ini terdengar agak akrab, itu mungkin karena penemuan yang sama dibuat pada akhir 2019 di wilayah yang sama. Pada November 2019, seekor anak anjing kecil ditemukan membeku di tanah di Siberia, dan para peneliti percaya itu berusia sekitar 18 ribu tahun.

“Ke depan, para ilmuwan berencana untuk menggali lebih dalam genom burung itu dan melukiskan gambaran yang lebih jelas tentang bagaimana hal itu berkaitan dengan spesies modern,” tutur Dussex.

BGR | CNN | COMMUNICATIONS BIOLOGY

Let's block ads! (Why?)



"burung" - Google Berita
February 26, 2020 at 06:51AM
https://ift.tt/2HSR2Ry

Ilmuwan Temukan Burung yang Dibekukan Selama 46 Ribu Tahun - Tempo
"burung" - Google Berita
https://ift.tt/30iE0IL

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ilmuwan Temukan Burung yang Dibekukan Selama 46 Ribu Tahun - Tempo"

Post a Comment

Powered by Blogger.