Search

Sains dalam Alquran, Mau Terbang Jauh, Begini Cara Burung Mempersiapkan Energi - Okezone Muslim

Allah menunjukkan kebesarannya melalui berbagai mahkluk dan ciptaan-Nya. Salah satu makhluk Allah yang istimewa dan sebagai salah satu bukti kebesaran Allah, adalah burung.

Burung bisa terbang dalam jarak yang sangat jauh. Mereka saat terbang ternyata sangat fokus.

Allah berfirman, "Tidakkah mereka memperhatikan burung-burung yang dapat terbang di angkasa dengan mudah? Tidak ada yang menahannya selain Allah. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang-orang yang beriman." (An-Nahl: 79).

 burung-burung

"Tidakkah mereka memperhatikan burung-burung yang mengembangkan dan mengatupkan sayapnya di atas mereka? Tidak ada yang menahannya (di udara) selain Yang Maha Pengasih. Sungguh, Dia Maha Melihat segala sesuatu." (Al-Mulk: 19).

Firman Allah tersebut menunjukkan kebesaran Allah yang menciptakan burung-burung tersebut. Semestinya burung mengenal konsep waktu di otak mereka. Namun sebagian ilmuwan mengatakan, burung mempunyai energi yang luar biasa untuk menempuh jarak yang biasa mereka jalani.

Tidak ada satu pun makhluk di muka bumi ini yang lebih kuat dalam hal perjalanan jauh melebihi burung. Semua itu karena ada hikmah yang hendak ditunjukkan oleh Allah.

Di antara hal yang menakjubkan, burung-burung yang bersiap untuk menempuh perjalanan jauh di atas 20.000 kilometer akan menyimpan energi berupa lemak di dalam tubuhnya terlebih dahulu sebelum terbang.

Bobot tubuh mereka pun berlipat-lipat lebih berat karena lemak yang mereka timbun. Lemak itu mereka pergunakan sebagai bekal selama perjalanan.

Sebelumnya, para ilmuwan mengira tanda-tanda geografis, seperti sungai, laut, pantai, dan gunung, menjadi petunjuk jalan bagi burung-burung. Namun, teori ini terbukti tidak benar. Sebab, burung-burung terbang sepanjang malam, dalam kegelapan, tanpa bisa melihat apa pun. Meskipun begitu, mereka tidak pernah melenceng dari tujuan.

Sebagian ilmuwan mengatakan, mungkin saja burung-burung itu mempunyai indra penciuman yang sangat tajam. Namun, sains modern membuktikan sebaliknya.

Beberapa ilmuwan lain menyatakan matahari menjadi petunjuk jalan bagi burung-burung. Lalu dilakukan serangkaian percobaan dengan mengasingkan burung ke daerah yang jauh dari sinar matahari. Dan ternyata, mereka tidak tersesat.

Sementara menurut ilmuwan lain, burung-burung mengetahui jalannya karena dibantu oleh bulatan langit. Lalu mereka mengasingkan burung dari bulatan langit, namun ia tetap saja tahu jalannya.

Let's block ads! (Why?)



"burung" - Google Berita
February 04, 2020 at 05:35PM
https://ift.tt/39hMKPx

Sains dalam Alquran, Mau Terbang Jauh, Begini Cara Burung Mempersiapkan Energi - Okezone Muslim
"burung" - Google Berita
https://ift.tt/30iE0IL

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sains dalam Alquran, Mau Terbang Jauh, Begini Cara Burung Mempersiapkan Energi - Okezone Muslim"

Post a Comment

Powered by Blogger.