Search

Pasar Burung Gawok Pindah ke Pengasih - Tribun Jogja

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Aktivitas pedagang pasar burung di Gawok, Wates, dipindahkan ke kompleks pasar hewan terpadu Pengasih, Jumat (29/11/2019).

Mereka menempati blok khusus di pasar burung baru tersebut.

Pemindahan pedagang diawali dengan upcara boyongan. Seluruh pedagang mengenakan pakaian tradisional diangkut dengan arak-arakan gerobak sapi bersama seluruh peralatannya ke pasar burung baru.

Mereka terdiri atas sekitar 69 orang pedagang burung, 172 pedagang klitikan, 72 orang pedagang ayam, dan 9 orang pedagang rumput.

Adaptasi Pasar Beringharjo di Era Digital

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (Dispertan) Kulon Progo, M Aris Nugroho mengatakan pemindahan pasar burung Gawok ini dilataru upaya penataan kota Wates dan hadirnya program strategis pembangunan pasar hewan terpadu dalam rangka peningkatan perekonomian dan pengentasan kemiskinan.

Adapun lokasi lama pasar burung itu dinilai kurang representatif serta kerap menimbulkan kemacetan lalu lintas ketika hari pasaran Wage.

"Pemindahan pasar burung ini diharapkan bisa meningkatkan pendapatan pedagang jadi lebih baik sekaligus mewujudkan pengembangan kota yang bersih,"kata Aris.

Pasar burung baru ini memiliki 36 unit kios yang dilengkapi dengan tempat khusus perlombaan burung.

Pada 2020 nanti, pembangunan akan dilanjutkan untuk melengkapai prasarana, area parkir, gapura pintu masuk dan lampu penerangan jalan.

Komunitas Kicau Mania Gelar Launching Gantangan di Pasar Burung Pucung

Sementara itu, Asisten Perekonomian, Pembangunan, dan Sumber Daya Alam, Sekretariat Daerah Kulon progo, Bambang Tri Budi Harsono mengatakan penataan wilayah perkotaan menjadi kebutuhan di tengah perkembangan pembangunan daerah dengan hadirnya Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), pelabuhan Tanjung Adikarta, program Bedah Menoreh, hingga rencana pengembangan Kota Wates Baru.

Let's block ads! (Why?)



"burung" - Google Berita
November 29, 2019 at 11:42PM
https://ift.tt/2ORyi88

Pasar Burung Gawok Pindah ke Pengasih - Tribun Jogja
"burung" - Google Berita
https://ift.tt/30iE0IL

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pasar Burung Gawok Pindah ke Pengasih - Tribun Jogja"

Post a Comment

Powered by Blogger.