Search

Fosil Burung Kuno Seukuran Merpati Ditemukan di Jepang - iNews

TOKYO, iNews.id - Fosil seukuran merpati telah digali di Jepang. Berkat simulasi komputer, para ilmuwan dapat menghasilkan gambaran soal bentuknya di masa lampau.

Fosil tersebut adalah Fukuipteryx prima yang dihidup di zaman Early Cretaceous atau Kapur. Fosil ini adalah burung primitif pertama dari zaman ini yang ditemukan di luar China. Dr Takuya Imai dari Institute of Dinosaur Research di Fukui Prefectural University, Jepang mengatakan makhluk ini tidak terbang seperti burung modern.

Imai menyebutkan, burung Fukipteryx prima cenderung melayang atau mengepak-ngepak untuk terbang dalam jarang pendek. Ya, itu memang terbang tapi tidak terlalu bagus.

"Burung itu menghuni lingkungan yang fluvial. Wilayah itu hangat dan lembab hampir sepanjang waktu, dengan musim kemarau singkat. Sangat mungkin burung itu dimangsa," ujarnya seperti dikutip dari Metro.co.uk, Senin (18/11/2019).

Fosil burung Cretaceous yang paling awal diketahui adalah spesimen dua dimensi yang ditemukan di China timur laut. Dr Imai berkata, burung-burung ini tidak memiliki pygostyle, triangular plate yang ditemukan di ujung backbone untuk mendukung bulu ekor, yang merupakan fitur mendasar dari burung modern.

"Ini adalah spesies burung primitif pertama dari periode waktu ini ditemukan di luar China. Penemuan Fukuipteryx semakin meningkatkan distribusi geologis. Tampaknya mereka tidak terbatas di lingkungan dataran tinggi yang relatif dingin di zaman Early Cretaceous China timur laut," ujarnya.

Editor : Dini Listiyani

Let's block ads! (Why?)



"burung" - Google Berita
November 18, 2019 at 05:09AM
https://ift.tt/2QyuZ8t

Fosil Burung Kuno Seukuran Merpati Ditemukan di Jepang - iNews
"burung" - Google Berita
https://ift.tt/30iE0IL

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Fosil Burung Kuno Seukuran Merpati Ditemukan di Jepang - iNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.