Search

Makin Banyak Orang Tertarik Memelihara Burung Pipit - Surya

 SURYA.co.id | SURABAYA - Kini, masyarakat Indonesia, termasuk Surabaya, mulai banyak yang melirik burung pipit atau finch.

Jimmi Arifianto, ketua Indonesia's Finch Surabaya mengatakan, tren itu muncul sudah sejak beberapa tahun belakang

Dirinya sendiri mengaku sudah sepuluh tahun menggemari burung bernama ilmuah estrildidae itu.

Bulunya yang berwarna-warni, suaranya yang merdu, serta tingkahnya yang atraktif menjadikan burung yang satu ini menjadi favorit para pecinta burung.

"Kalau selera tergantung masing-masing orang. Namun, biasanya orang langsung suka dengan jenis gould amadine. Jenis burung ini mempunyai lima warna. Ada merah, hijau, kuning, ungu, dan biru," ungkapnya pada Indonesian Exotic Bird Show yang berlangsung di BG Junction Mall Surabaya, Minggu (17/11).

Iwan Pasifico, anggota Indonesia's Finch Surabaya, menambahkan, selain Gould Amadine, jenis lain yang popular di masyarakat yaitu zebra finch.

"Burung jenis ini memiliki karakteristikistik memiliki motif belang pada bagian leher. Tidak selalu hitam putih. Selain itu, ukurannya cenderung lebih besar dibandingkan dengan burung pipit yang lain," Iwan menuturkan.

Untuk merawat burung pipit, Jimmi mengatkan, tidak ada yang berbeda dengan ketika merawat burung yang lain. Hanya saja, burung pipit tidak bisa sering terpapar angin langsung karena lebih mudah sakit.

Selain itu, Iwan menambahkan lagi, finch harus banyak dijemur untuk menghilangkan bakterinya agar terus terhindar dari penyakit.

"Untuk makanannya pun sama saja. Tidak ada yang berbeda. Bisa makan biji-bijian seperti jagung. Bisa juga makan sayur-sayuran seperti kangkung," ungkap Iwan.

Let's block ads! (Why?)



"burung" - Google Berita
November 17, 2019 at 08:31PM
https://ift.tt/2QsxjOe

Makin Banyak Orang Tertarik Memelihara Burung Pipit - Surya
"burung" - Google Berita
https://ift.tt/30iE0IL

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Makin Banyak Orang Tertarik Memelihara Burung Pipit - Surya"

Post a Comment

Powered by Blogger.