Search

Memelihara dan Menjual Burung Murai Batu serta Cucak Rowo Terancam Pidana - Kalteng Ekspres

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) telah merilis sejumlah katagori burung yang ditetapkan resmi dilarang untuk dipelihara dan diperjual belikan.

Sejumlah burung tersebut seperti Murai Batu, Jalak Suren, Cucak Rowo Anis Buntet Kecil, dan Anis Buntet Sainghe, yang sering dipelihara masyarakat bahkan diperjual belikan oleh pedagang burung.

Hewan tersebut dilarang dipelihara dan diperjual belikan karena termasuk hewan yang dilindungi. Hal ini mengacu pada Peraturan Pemerintah (Permen) Lingkungan Hidup dan  Kehutanan (LHK) No.P.92/MENLHK/SETJEN/KUM.1/10/2018, tentang jenis tumbuhan dan satwa dilindungi.

Kepala BKSDA SKW ll Pangkalan Bun Dendi Sutiadi mengatakan, burung murai batu, Jalak Suren, Cucak Rowo Anis Buntet kecil, dan Anis Buntet Sainghe, sering dipelihara masyarakat. Bahkan hingga saat ini masih banyak masyarakat yang memeliharanya. Hal itu terjadi karena ketidaktahuan bahwa hewan tersebut termasuk dilindungi.

“Dalam bulan ini kita melakukan penyuluhan dan sosialisasi terkait perdagangan ke pemilikan satwa yang dilindungi kepada masyarakat maupun yang berjualan di pasar burung panggung, pasar burung misbar, pasar burung sampit serta pedagang di Kumai. Kegiatan tersebut kami juga melibatkan unsur TNI dan Polri untuk membantu melakukan penyuluhan”, kata Dendi Sutiadi kepada awak media, Sabtu (2/11/2019).

Dirinya mengimbau kepada sejumlah pedagang burung agar tidak menjual burung tersebut. Kendati sudah banyak dipelihara oleh masyarakat saat ini. Kepada masyarakat yang memelihara ia juga mengimbau agar melaporkan kepada pihaknya, dengan membawa KTP pemilik, dokumentasi atau foto burung, mengisi formulir yang sudah disediakan BKSDA.

“Itu bagi yang memelihara sebelum aturan tersebut dikeluarkan. Namun kalau sekarang maka sudah dilarang. Dan hal itu terus kami pantau di daerah ini,” terang Dendi Sutiadi. (yus)

Let's block ads! (Why?)



"burung" - Google Berita
November 02, 2019 at 08:46AM
https://ift.tt/36rl3mA

Memelihara dan Menjual Burung Murai Batu serta Cucak Rowo Terancam Pidana - Kalteng Ekspres
"burung" - Google Berita
https://ift.tt/30iE0IL

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Memelihara dan Menjual Burung Murai Batu serta Cucak Rowo Terancam Pidana - Kalteng Ekspres"

Post a Comment

Powered by Blogger.