Search

Penyelundupan Ribuan Ekor Burung Dilindungi Berhasil Digagalkan - Timlo Net

Timlo.net – Jajaran Polres Tanjung Jabung Barat, Jambi, berhasil mengamankan ribuan burung dilindungi yang hendak diselundupkan ke wilayah tersebut. Selain ribuan ekor burung, polisi juga mengamankan satu orang dan satu unit mobil. Rencananya, burung-burung tersebut hendak diperjual belikan.

“Awalnya anggota dari Polsek Tungkal Ulu ini melaksanakan kegiatan razia cipta kondisi tadi malam di perbatasan jalan lintas di Pelabuhan Dagang. Tiba-tiba anggota curiga ada mobil dari arah Riau menuju Jambi lalu putar arah saat akan diperiksa, hingga kemudian dikejar dan berhasil mengamankan burung dilindungi ini,” kata Kapolres Tanjung Jabung Barat Jambi AKBP Guntur, Minggu (5/4), yang dikutip dari laman ntmcpolri.info.

Ditemukan dalam mobil tersebut delapan jenis burung dilindungi. Antara lain, burung kacer 2 ekor, cucak hijau 34 ekor, cucak mini 45 ekor, kepondang 31 ekor, burung ciblek 300 ekor, burung gelatik sumatera 300 ekor, kolibri 500 ekor, dan poksai mandarin 6 ekor. Total ada 1.218 ekor burung.

Dari keterangan polisi, burung dilindungi tersebut rencananya diselundupkan ke Jambi untuk nantinya diperjualbelikan. Selain menyita ribuan burung dilindungi, polisi menangkap seorang pria bernama Norman Widodo asal Provinsi Riau yang kini masih dalam pemeriksaan petugas.

“Ke Jambi nantinya akan diperjualbelikan lagi. Burung-burung itu diselundupkan dengan disimpan di dalam mobil, sekarang pria yang mengangkut burung itu masih dalam pemeriksaan anggota,” terang Guntur.

Akibat aksi penyelundupan itu, pria tersebut terancam Pasal 40 ayat 2 jo pasal 21 ayat 2 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi dengan ancaman 5 tahun penjara.

Sumber: ntmc

Editor : Wahyu Wibowo

Let's block ads! (Why?)



"burung" - Google Berita
April 05, 2020 at 08:01PM
https://ift.tt/2UHz3Vu

Penyelundupan Ribuan Ekor Burung Dilindungi Berhasil Digagalkan - Timlo Net
"burung" - Google Berita
https://ift.tt/30iE0IL

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Penyelundupan Ribuan Ekor Burung Dilindungi Berhasil Digagalkan - Timlo Net"

Post a Comment

Powered by Blogger.