Search

5 Fakta Vultur Ruppel, Burung yang Dapat Terbang Setinggi 37 Ribu Kaki - IDNTimes.com

Rata-rata ketinggian jelajah pesawat terbang adalah 35 ribu kaki, dan terkadang bisa mencapai 38 ribu kaki, tergantung dari jenis pesawatnya. Namun tahukah kamu, bahwa di dunia fauna, ada spesies burung yang dapat terbang setara dengan jelajah pesawat?

Ya, burung tersebut dinamakan Vultur Ruppel atau Gyps rueppelli, spesies burung besar yang dapat ditemukan di Afrika Tengah. Nah, jika kamu penasaran dengan spesies yang satu ini, yuk dibaca artikel ini sampai habis, ya!

1. Vultur Ruppel dapat terbang setinggi 37 ribu kaki di atas permukaan laut

5 Fakta Vultur Ruppel, Burung yang Dapat Terbang Setinggi 37 Ribu Kakiwildsideholidays.co.uk

Spesies burung Vultur Ruppel adalah satu-satunya spesies burung yang dapat terbang dengan ketinggian maksimum 37 ribu kaki atau setara 11.200 meter di atas permukaan air laut, seperti dicatat dalam laman Animalia.

Ketinggian jelajah burung ini bahkan melebihi ketinggian jelajah rata-rata pesawat terbang, yang hanya 35 ribu kaki. Dengan bobot seberat 9 kilogram dan bentang sayap sepanjang hampir 3 meter, membuat Vultur Ruppel menjadi salah satu spesies burung terbesar yang masih ada di zaman modern ini.

Bahkan pernah diberitakan bahwa ada sebuah kejadian langka, di mana pesawat yang terbang di ketinggian 37 ribu kaki telah dilaporkan menabrak burung ini di udara.

2. Vultur Ruppel adalah burung tangguh pemakan bangkai

5 Fakta Vultur Ruppel, Burung yang Dapat Terbang Setinggi 37 Ribu Kakidlifejourney.com

Seperti ditulis dalam Beauty of Birds, burung besar ini memangsa bangkai dan terkadang beserta tulangnya. Sebetulnya burung ini pemakan segala, namun mereka telah beradaptasi di alam liar Afrika yang memungkinkan mereka untuk memakan bangkai.

Mereka juga memiliki anatomi tubuh yang memudahkan mereka dalam mencerna bangkai dan tulang. Tubuh mereka juga didesain tahan terhadap bakteri dan virus yang biasanya banyak ditemukan di bangkai-bangkai hewan yang sudah mati.

Baca Juga: 7 Burung Tak Bisa Terbang yang Telah Punah, Salah Satunya Burung Gajah

3. Burung besar ini memiliki jenis hemoglobin spesial dalam tubuhnya

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

5 Fakta Vultur Ruppel, Burung yang Dapat Terbang Setinggi 37 Ribu Kakiafricanbirdclub.org

Peneltian dan studi yang ditulis dalam National Center for Biotechnology Information (NCBI) mengungkap bahwa burung pemakan bangkai ini memiliki jenis hemoglobin spesial, di mana hemoglobin tersebut dapat mengelola asupan oksigen dengan efektif di daerah yang minim oksigen.

Itulah sebabnya Vultur Ruppel dapat terbang di ketinggian 37 ribu kaki tanpa kendala berarti. Pada ketinggian tersebut, udara sangat tipis, sehingga oksigen juga sangat minim. Namun hemoglobin khusus yang dimiliki oleh burung besar ini dapat membuatnya tetap bernapas secara normal.

4. Penglihatan dan penciuman mereka juga sangat tajam

5 Fakta Vultur Ruppel, Burung yang Dapat Terbang Setinggi 37 Ribu Kakinationalzoo.si.edu

Meskipun mereka tidak diklasifikasikan sebagai predator puncak layaknya elang, namun mereka juga dapat berburu bangkai dari tempat yang sangat jauh. Hal ini dapat mereka lakukan karena penglihatan dan penciuman mereka sangat tajam.

Seekor Vultur Ruppel dapat mendeteksi keberadaan bangkai dari udara, dan bahkan mereka dapat mengetahui hewan-hewan mamalia darat yang sekarat dan akan mati. Biasanya mereka akan mulai berkumpul untuk menyantap bangkai dari mamalia yang telah mati tersebut.

5. Sama seperti spesies Hering atau Nasar lainnya, keberadaan Vultur Ruppel juga sangat berguna bagi alam

5 Fakta Vultur Ruppel, Burung yang Dapat Terbang Setinggi 37 Ribu Kakianimalia.bio

Sama seperti spesies burung pemakan bangkai lainnya, Vultur Ruppel juga memiliki andil yang sangat penting di alam liar, terutama dalam hal mengurangi polusi alam akibat bangkai.

Discover Wildlife dalam lamannya menulis bahwa keberadaan burung pemakan bangkai dapat membantu mengurangi dan bahkan mencegah penyebaran beberapa penyakit berbahaya seperti TBC dan rabies.

Dengan habisnya bangkai di daratan, maka risiko penyebaran bakteri dan virus akibat bangkai tersebut dapat diminimalkan. Itulah sebabnya keberadaan mereka sangat dibutuhkan di alam liar Afrika yang setiap harinya ada puluhan atau ratusan hewan mati dan menjadi bangkai.

Itulah lima fakta ilmiah tentang Vultur Ruppel, spesies burung pemakan bangkai yang dapat terbang setinggi 37 ribu kaki. Ternyata, keberadaan mereka sangat dibutuhkan di alam liar, ya!

Baca Juga: 10 Burung Pemegang Rekor Dunia, dari Terbesar Hingga Paling Berisik

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Let's block ads! (Why?)



"burung" - Google Berita
April 15, 2020 at 10:25AM
https://ift.tt/2VwkIu6

5 Fakta Vultur Ruppel, Burung yang Dapat Terbang Setinggi 37 Ribu Kaki - IDNTimes.com
"burung" - Google Berita
https://ift.tt/30iE0IL

Bagikan Berita Ini

0 Response to "5 Fakta Vultur Ruppel, Burung yang Dapat Terbang Setinggi 37 Ribu Kaki - IDNTimes.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.