Search

Mau Pelihara Burung Kenari? Pahami 7 Hal Penting Ini Dulu - IDNTimes.com

Banyak orang memelihara burung karena ingin mendengarkan kicauannya yang merdu setiap hari. Salah satu burung kicau yang paling banyak dipelihara adalah burung kenari (Serinus canaria domestica). Burung dengan bulu berwarna kuning ini disukai karena ukurannya yang mungil, low maintenance dan kicauannya yang indah.

Sebelum memelihara burung kenari, ada pengetahuan dasar yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu. Coba terapkan supaya burung kenarimu sehat dan berumur panjang!

1. Burung kenari adalah hewan yang soliter

Mau Pelihara Burung Kenari? Pahami 7 Hal Penting Ini Dulupetcentral.chewy.com

Sebagai hewan yang soliter, burung kenari jantan akan menikmati waktunya untuk berkicau sepuasnya. Karena sifatnya yang teritorial, burung kenari tidak cocok dipelihara bersama-sama dalam kandang yang besar dengan pejantan lain, saran laman Pet Central.

Tetapi, kamu bisa memelihara dua burung kenari jantan bersamaan. Taruh berdekatan di dua sangkar yang berbeda, namun jangan sampai terlihat. Mereka akan berkicau merdu bersahut-sahutan, seolah berada dalam kompetisi kicau burung, ujar laman Petland.

2. Jauhkan sangkar dari paparan sinar matahari langsung

Mau Pelihara Burung Kenari? Pahami 7 Hal Penting Ini Duluthesprucepets.com

Sangkar terbaik untuk burung kenari adalah yang luas dan tinggi. Sangkar yang besar akan memberi banyak ruang untuk terbang, hinggap dan tidur, ungkap laman Petland. Taruh sangkar di dalam ruangan, dekat jendela dan jauhkan dari sinar matahari langsung.

Saat matahari terbenam, tutup sangkar dengan kain, supaya burung bisa tidur dan singkapkan saat matahari terbit. Suhu ruangan terbaik untuk memelihara burung kenari adalah 18-21°C. Apabila suhu terlalu panas, burung kenari akan gelisah dan tak nyaman.

3. Biji-bijian adalah makanan utamanya

Mau Pelihara Burung Kenari? Pahami 7 Hal Penting Ini Duludrfoxmag.com

Jika ingin burung kenarimu hidup panjang, perhatikan makanannya. Kenari adalah burung pemakan biji-bijian, bukan serangga. Tiuplah untuk memastikan biji-bijian pada wadahnya sudah habis. Sekam kosong akan terbang dan biji utuh akan tetap di tempatnya.

Burung kenari membutuhkan 12 persen protein dari keseluruhan menu makanannya. Oleh karena itu, beri telur rebus yang ditumbuk dan campur dengan remah roti kering agar tidak terlalu lembek, saran laman Petland. Bisa juga diberi buah dan sayur dalam porsi kecil.

4. Latih burung kenari waktu masih berusia muda

Mau Pelihara Burung Kenari? Pahami 7 Hal Penting Ini Duluyoutube.com

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Burung kenari bisa berada di dekat manusia, tetapi juga tidak masalah ditinggalkan sendirian. Kita bisa melatih burung kenari untuk hinggap di tangan, pindah ke tempat bertengger atau bahkan terbang di sekitar ruangan di dalam rumah.

Menurut laman The Spruce Pets, burung kenari berusia muda lebih gampang dilatih. Siapkan kesabaran dan latihan yang konsisten untuk melatih burung kenari. Burung ini cukup cerdas dan bisa memahami perintah yang kita ajarkan.

Baca Juga: 7 Alasan Kenapa Burung Hantu Tidak Cocok Jadi Hewan Peliharaan Kita

5. Siapkan wadah berisi air untuk tempat mandi

Mau Pelihara Burung Kenari? Pahami 7 Hal Penting Ini Duluflickr.com

Mungkin kamu belum tahu, tetapi burung kenari perlu mandi, setidaknya sekali dalam seminggu, jelas laman Bird Poet. Siapkan wadah kecil berisi air bersih lalu biarkan burung mandi sendiri. Agar tak kedinginan, sesi mandi lebih baik dilakukan di pagi hari.

Burung kenari biasanya mandi dengan durasi setengah jam. Setelah mandi, letakkan sangkar dan angin-anginkan supaya kering. Jangan lupa ambil kembali wadah berisi air untuk mencegah burung kenari tenggelam secara tidak sengaja.

6. Jangan lupa membersihkan kandangnya secara rutin

Mau Pelihara Burung Kenari? Pahami 7 Hal Penting Ini Dulupetsoid.com

Kunci agar burung peliharaan tetap sehat dan berumur panjang adalah menjaga kebersihan sangkar. Seberapa sering sangkar dibersihkan bergantung pada ukuran sangkar dan berapa banyak burung yang tinggal di dalamnya, saran laman Pet Mate.

Setidaknya, bersihkan sangkar 3-7 hari sekali. Pindahkan burung ke sangkar lain, lalu mulai bersihkan alas sangkar dari kotoran dan sisa biji yang berjatuhan. Selain itu, bersihkan wadah makanan dan minuman serta kayu tempatnya bertengger.

7. Waspadai bila ada tanda-tanda penyakit

Mau Pelihara Burung Kenari? Pahami 7 Hal Penting Ini Duluharrisonsbirdfoods.com

Pemicu utama burung kenari sakit adalah sangkar yang kurang bersih. Di dalam sangkar yang kotor, terdapat virus, jamur dan bakteri yang rentan mengancam nyawa kenari, jelas laman The Spruce Pets. Burung yang sakit akan cepat kehilangan berat badan dan mati.

Menurut laman Pet Helpful, penyakit yang umum dialami kenari adalah kolera, difteri, TBC, kandidiasis, klamidia hingga infeksi ragi lambung. Dan yang terpenting, jangan merokok di sekitar burung kenari karena mereka sensitif dengan kualitas udara.

Nah, itulah pengetahuan dasar yang perlu diketahui sebelum memelihara burung kenari. Sudah siap untuk mulai memelihara?

Baca Juga: 7 Fakta Menarik Anjing Saint Bernard, Tokoh Utama dalam Film Beethoven

Let's block ads! (Why?)



"burung" - Google Berita
March 11, 2020 at 11:43AM
https://ift.tt/33cIlLF

Mau Pelihara Burung Kenari? Pahami 7 Hal Penting Ini Dulu - IDNTimes.com
"burung" - Google Berita
https://ift.tt/30iE0IL

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mau Pelihara Burung Kenari? Pahami 7 Hal Penting Ini Dulu - IDNTimes.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.