Search

Ini Alasan Burung Tidak Pernah Bertabrakan Saat Terbang - Merah Putih

PERNAH terpikir tidak sih kenapa burung tidak pernah tabrakan saat terbang? Mereka selalu bergerombol saat terbang. Bahkan, mereka terbang dengan formasi yang begitu rapi.

Nah, peneliti dari University of Queensland pernah mencoba meneliti hal ini. Penelitian yang diterbitkan di PLOS ONE itu mengungkapkan burung tidak pernah bertabrakan saat terbang karena mereka selalu menghindarinya dengan belok ke kanan dan mengubah ketinggian. Dilansir dari laman businessinsider.com, trik menghindar tersebut bisa diterapkan oleh pesawat tak berawak atau sistem auto pilot.

Baca juga:

Penelitian Ungkap Ukuran Burung Semakin Menyusut Akibat Perubahan Iklim

Dalam uji penelitian ini, Para peneliti menempatkan burung parkit "budgies" ke dalam terowongan udara dan membuat mereka terbang menuju satu sama lain. Pengujian ini dilakukan sebanyak 102 kali penerbangan, dan tidak ada yang saling bertabrakan.

Burung parakit sebagai objek penelitian (Foto: Pixabay TheOtherKev)

Mengutip laman discovermagazine.com, burung cenderung menghindari tabrakan dengan berbelok ke kanan. Dalam beberapa kasus mereka mengubah ketinggian, sehingga mereka tidak berada di level yang sama.

"Burung pasti mengelami tekanan evolusi dengan cara sederhana ini, hingga akhirnya bisa menguasai keterampilan dasar terbang untuk meminimalkan risiko tabrakan di udara," ujar Mandyam Srinivasan, profesor asal Queesland Brain Institute (QBI) yang menjadi penulis utama studi.

Baca juga:

Pedalaman Tambrauw, Surga Burung Cendrawasih di Papua Barat

Para penulis menyarankan strategi yang sama ini dapat diterapkan pada sistem panduan pesawat. Penemuan ini berpotensi besar untuk diadopsi pada pesawat tanpa awak atau sistem otomatis anti-tabrakan di pesawat.

Trik burung tersebut bisa diterapkan pada pesawat (Foto: Unsplash/grmot)

"Lalu lintas udara semakin padat, ada kebutuhan mendesak untuk mengembangkan sistem otomatis tangguh pada pesawat berawak maupun tanpa awak," kata Srinivasan.

"Kami bisa mengusulkan beberapa strategi sederhana yang dilakukan burung itu pada sistem autopilot pesawat untuk mencegah tabrakan," tukasnya. (arb)

Baca juga:

Pulau Dua Surga Ribuan Burung Migran di Banten

Let's block ads! (Why?)



"burung" - Google Berita
March 17, 2020 at 08:04AM
https://ift.tt/2xDfRiq

Ini Alasan Burung Tidak Pernah Bertabrakan Saat Terbang - Merah Putih
"burung" - Google Berita
https://ift.tt/30iE0IL

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ini Alasan Burung Tidak Pernah Bertabrakan Saat Terbang - Merah Putih"

Post a Comment

Powered by Blogger.