Search

Harga Jangkrik dan Milet Putih Naik, Peternak Burung di Ciamis Menjerit - Harapan Rakyat

Peternak Burung
Wakil Ketua Asosiasi Burung Nusantara, Budi. Foto: Fahmi/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Para peternak burung di Kabupaten Ciamis menjerit lantaran harga pakan burung melonjak di pasaran. Pakan burung seperti jangkrik dan milet putih naik hingga dua kali lipat.

Menurut Wakil Ketua Asosiasi Burung Nusantara, Budi, harga pakan burung di pasaran melonjak dua kali lipat dari biasanya.

Ia pun mengaku kewalahan lantaran di rumahnya juga menangkar jenis burung love bird dan juga murai yang mana diberi pakan jangkrik maupun milet putih.

“Karen saya di rumah menangkar burung, maka kebutuhan pakan sangat banyak,” katanya kepada HR Online, Rabu (18/3/2020).

Budi menjelaskan, harga jangkrik saat ini di pasaran mencapai Rp 60 ribu per kilogramnya dari harga sebelumnya Rp 35 ribu per kilogramnya. Sedangkan harga milet putih mencapai Rp 20 ribu per kilogram dari Rp 10 ribu per kilogram.

Ia menduga, kenaikan harga jangkrik lantaran makanan nutrisinya berasal dari jahe dan kunyit yang mana saat ini juga tengah melambung harganya.

“Persoalan dari kenaikan harga pakan memang  dibarengi dengan susahnya barang di pasaran yang mengakibatkan banyak para peternak menjerit,” imbuhnya.

Budi berharap, pemerintah daerah atau pun Dinas terkait dapat membantu memberikan solusi agar harga tidak melambung tinggi, agar perputaran ekonomi di kalangan peternak burung tetap berjalan. (Fahmi/R6/HR-Online)

Loading...

Let's block ads! (Why?)



"burung" - Google Berita
March 18, 2020 at 08:34PM
https://ift.tt/3b2R0mw

Harga Jangkrik dan Milet Putih Naik, Peternak Burung di Ciamis Menjerit - Harapan Rakyat
"burung" - Google Berita
https://ift.tt/30iE0IL

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Harga Jangkrik dan Milet Putih Naik, Peternak Burung di Ciamis Menjerit - Harapan Rakyat"

Post a Comment

Powered by Blogger.