Search

Temuan Burung Baru di Pulau Kecil Sulawesi Tengah dan Maluku Utara - Dari Laut

SPESIES dan sub spesies burung baru ditemukan di pulau-pulau kecil di Sulawesi Tengah dan Maluku Utara. Sepuluh taksa baru itu telah ditulis dan dipublikasikan pada 9 Januari 2020 dalam jurnal Science Vol. 367, Issue 6474, pp. 167-170.

Spesies dan sub spesies burung tersebut ditemukan di 3 di Pulau Peleng , 6 di Taliabu dan 1 di Batudaka.

Sepuluh taksa baru tersebut terdiri dari lima jenis baru dan lima anak jenis baru. Masing-masing Rhipidura habibiei sp. nov. ditemukan di Pulau Peleng, Locustella portenta sp.nov. di Taliabu, Myzomela wahe sp.nov. di Taliabu, Phyllocopus suara merdu sp.nov. di Peleng dan Phylloscopus emilsalimi sp.nov. di Taliabu.

Kemudian Phyllergates cuculatus sulanus subsp.nov di Taliabu, Phyllergates cucullats relictus subsp.nov. di Peleng, Cyornis omissus omississimus subsp.nov. di Batudaka, Turdus poliocephalus sukahujan subsp.nov. di Taliabu, dan Ficedula hyperythra betinabiru subsp.nov. di Taliabu.

Hasil temuan ditulis bersama oleh Rheindt FE, Prawiradilaga DM, Ashari H, Suparno, Gwee CY, Lee GWX, Wu MY dan Ng NSR.

Temuan ini hasil kerjasama Pusat Penelitian Biologi LIPI dengan National University of Singapore, Singapura. Survei dilakukan selama enam minggu di Sulawesi Tengah dan Maluku Utara pada akhir tahun 2013 hingga awal tahun 2014 lalu.

Lokasi survei meliputi Pulau Peleng di Kepulauan Banggai dan pulau Batudaka di Kepulauan Togean (Sulawesi Tengah). Selajutnya, di Pulau Taliabu di Kepulauan Sula Maluku Utara.

Menurut Profesor Riset bidang zoologi Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Dewi Malia Prawiradilaga, banyaknya taksa burung baru yang ditemukan dalam satu kali ekspedisi ini merupakan prestasi luar biasa dan sangat langka.

Temuan ini baru terjadi lagi setelah lebih dari 100 tahun lalu pascaekspedisi yang dilakukan oleh Alfred Russel Wallace.

Kondisi alam yaitu adanya laut dalam di sekitar pulau-pulau tersebut mendukung terjadinya proses pembentukan jenis atau dikenal dengan spesiasi.*

Berlangganan untuk menerima notifikasi berita terbaru Dari Laut Indonesia

Let's block ads! (Why?)



"burung" - Google Berita
January 17, 2020 at 12:04AM
https://ift.tt/38emLIc

Temuan Burung Baru di Pulau Kecil Sulawesi Tengah dan Maluku Utara - Dari Laut
"burung" - Google Berita
https://ift.tt/30iE0IL

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Temuan Burung Baru di Pulau Kecil Sulawesi Tengah dan Maluku Utara - Dari Laut"

Post a Comment

Powered by Blogger.