Search

Penelitian Ungkap Ukuran Burung Semakin Menyusut Akibat Perubahan Iklim - Merah Putih

APAKAH kamu senang mengoleksi atau memelihara burung? Pernah memperhatikan tidak, bahwa burungmu itu berubah ukurannya? Ukurannya menyusut kecil pada saat tertentu. Jika iya, jangan kaget dulu. Hal itu dikarenakan adanya perubahan iklim.

Menurut sebuah studi terbaru, para peneliti di University of Michigan menemukan ukuran burung akan menyusut saat iklim menghangat. Meskipun begitu, menariknya, ukuran sayap burung tidak ikut mengecil, justru malah memanjang.

Baca juga:

Pedalaman Tambrauw, Surga Burung Cendrawasih di Papua Barat

Benjamin Winger, salah seorang peneliti, mengatakan perubahan iklim yang menghangat atau saat pemanasan global, membuat ukuran tubuh burung semakin menyusut dari masa ke masa.

Menurut para peneliti, ukuran sayap burung justru memanjang (Foto: Pexels/Pixabay)

Para peneliti menganalisis lebih dari 70 ribu dari 52 spesies burung yang didapatkan dari Field Museum of Natural History, di Chicago. Semua burung tersebut telah mati akibat menabrak bangunan di Chicago, Illinois saat migrasi sejak tahun 1978.

Sebagian besar burung dalam analisis ini ialah spesies burung gereja, burung penabur, atau burung kecil yang berkembang biak di utara Chicago. Selama periode penelitian, mereka menemukan penyusutan ukuran dan bentuk tubuh pada semua burung dari 52 spesies tersebut.

Baca juga:

Pulau Dua Surga Ribuan Burung Migran di Banten

Para ilmuwan mengukur dan menganalisis perubuhan ukuran burung dari ukuran tulang kaki bagian bawah yang disebut tarsus, panjang paruh, panjang sayap, dan massa tubuh. Bagian-bagian tubuh tersebut terlihat mengecil.

Ukuran tulang kaki yang disebut dengan tarsus mengecil (Foto: Pexels/Yogendra Singh)

Lebih khususnya lagi, temuan menunjukkan bahwa dari 1978 hingga 2016, tarsus menyusut sebesar 2,4% dan panjang sayap meningkat sebesar rata-rata 1,3%. Bukti tersebut menunjukkan bahwa iklim yang menghangat atau pemanasan global dapat menyebabkan ukuran tubuh burung menyusut dan sayapnya memanjang.

Bagaimana sahabat Merah Putih, apakah burung peliharaan kamu berubah ukurannya? (arb)

Baca juga:

Hutan Warkesi, Surga Burung Cendrawasih Favorit Turis Asing

Let's block ads! (Why?)



"burung" - Google Berita
January 23, 2020 at 10:03AM
https://ift.tt/2TSoOgX

Penelitian Ungkap Ukuran Burung Semakin Menyusut Akibat Perubahan Iklim - Merah Putih
"burung" - Google Berita
https://ift.tt/30iE0IL

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Penelitian Ungkap Ukuran Burung Semakin Menyusut Akibat Perubahan Iklim - Merah Putih"

Post a Comment

Powered by Blogger.