Search

Puluhan Burung Liar Diselundupkan ke Dalam Speaker dari Malaysia, Sisa 6 yang Bertahan Hidup - Tribun Jakarta

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Kantor Pelayanan Utama (KPU) Bea dan Cukai Tipe C Bandara Soekarno-Hatta berhasil mencegah percobaan penyelundupan 35 burung dari Malaysia menuju Jakarta.

Uniknya, 35 burung dari berbagai jenis yakni burung Murai, Kacer, Jalak, dan Perkutut tersebut dimasukan ke dalam speaker dan amplifier.

Puluhan burung tersebut dibawa oleh penumpang berinisial A (32) dan H (33) menggunakan pesawat Garuda Indonesia GA-821 dengan rute Kuala Lumpur - Jakarta.

Cerita Polwan Mungil Asal Ambon, 6 Jam Tiarap Demi Bongkar Penyelundupan Sabu 1 Ton

Kepala Seksi Patroli dan Operasi 1 Bea dan Cukai Tipe C Bandara Soekarno-Hatta, Anton mengatakan, penegahan terhadap dua penumpang tersebut dilakukan pada Senin (23/9/2019) di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta sekira pukul 14.30 WIB.

"Mereka datang kemudian petugas mencurigai mereka, lalu digiring ke mesin xray. Ketika di xray terlihat ada gambar aneh tidak seperti biasanya. Ternyata dibuka speaker itu diisi burung-burung," jelas Anton.

Dari pantuan TribunJakarta.com, 35 burung tersebut dibungkus di dalam speaker pada sebuah kurungan berbentuk oval yang dibungkus lagi menggunakan kaus kali.

Parahnya lagi, saat kurungan burung yang dibalut dengan kaus kaki itu dibuka, 80 persen burung sudah mati karena kehabisan oksigen.

Saat dihitung, hanya ada enam burung yang selamat terdiri dari empat burung kacer dan dua perkutut.

Sedangkan, 29 burung lainnya sudah dalam kondisi mati karema kehabisan oksigen.

"Pas tadi kita buka, sebagian besar sudah ditemukan mati karena kedap udara dan enggak ada oksigen," sambung Anton.

Berdasarkan keterangan penumpang, mereka mendapatkan burung-burung tersebut dari Malaysia lantaran keduanya adalah TKI asal Nusa Tenggara Barat.

"Pengakuannya untuk dipelihara saja dan di bawa ke jakarta," kata Anton.

Kini, penanganan lebih lanjut terhadap kasus penyelundupan tersebut sudah diserahkan kepada Balai Besar Karantina Hewan Bandara Soekarno-Hatta.

Let's block ads! (Why?)



"burung" - Google Berita
September 23, 2019 at 08:16PM
https://ift.tt/2mx9ibQ

Puluhan Burung Liar Diselundupkan ke Dalam Speaker dari Malaysia, Sisa 6 yang Bertahan Hidup - Tribun Jakarta
"burung" - Google Berita
https://ift.tt/30iE0IL

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Puluhan Burung Liar Diselundupkan ke Dalam Speaker dari Malaysia, Sisa 6 yang Bertahan Hidup - Tribun Jakarta"

Post a Comment

Powered by Blogger.