Search

Dua Terduga Penyelundup Satwa Tertangkap di Bandara Soetta, Sembunyikan 35 Burung di Dalam Speaker - Tribunnews

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG - Petugas Bea dan Cukai Tipe C Bandara Soekarno-Hatta menangkap 2 terduga penyelundupan 35 burung hidup di Terminal 3 sekira pukul 14.30 WIB, Senin (23/9/2019).

Dua terduga berinisial A (32) dan H (33) melakukan penyelundupan burung dengan cara disembunyikan di dalam empat buah speaker dari Malaysia menuju ke Indonesia.

Saat bawang bawaannya diperiksa melalui mesin Xray, keduanya ketahuan membawa 35 burung berbagai jenis yang di simpan di dalam speaker.

Menurut A (32) dia bersama temannya H (33) menangkap puluhan burung tersebut di Malaysia lantara mereka adalah TKI asal Nusa Tenggara Barat.

"Sengaja memang kami tangkap sendiri dari Malaysia, mau di bawa ke Jakarta untuk dipelihara," ungkap A di kantor Bea dan Cukai Tipe C Bandara Soekarno-Hatta.

Ia mengaku, tujuan akhir dari penerbangan mereka yang menggunakan Maskapai Garuda Indonesia tersebut adalah lombok di mana mereka akan memelihara puluhan burung itu.

Namun, tindakan mereka berhasil ditegah saat transit di Bandara Soekarno-Hatta.

"Ini dikasih tahu teman pakai cara ini untuk bawa burung kemari. Kita enggak tahu juga kalau enggak tahan dan mati gini," aku A dalam logat melayunya.

Sebab, begitu dua kardus besar berisi speaker itu dibuka, sebagian besar burung sudah dalam keadaan mati.

Saat dihitung hanya enam burung berhasil selamat dari kurungan kandang kecil berbentuk oval ditutup kaus kaki yang selanjutnya dimasukan ke dalam speaker.

Sementara 29 sisanya ditemukan dalam kondisi mati.

 Cegah Juru Parkir Liar, Pengelola Pasar Jatinegara Kerahkan Petugas Resmi

 Jika Tak Daftarkan BPJS Ketenagakerjaan, Perusahaan Vendor di Jakarta Timur Dicabut Izin Usahanya

 Cetak Gol ke Gawang Barito Putera, Heri Susanto Ingin Bawa Persija Jakarta Keluar dari Degradasi

35 burung tersebut terdiri dari berbagai jenis yakni burung Murai, Kacer, Jalak, dan Perkutut.

Dikesempatan yang sama, Kepala Seksi Patroli dan Operasi 1 Bea dan Cukai Tipe C Bandara Soekarno-Hatta, Anton mengatakan penyelundupam terkuak setelah petugas melakukan scanning terhadap barang bawaan A dan H.

"Mereka datang kemudian petugas mencurigai mereka, lalu digiring ke mesin xray. Ketika di xray terlihat ada gambar aneh tidak seperti biasanya. Ternyata dibuka speaker itu diisi burung-burung," kata Anton.

Penulis: Ega Alfreda

Artikel ini telah tayang di Tribunjakarta.com dengan judul: Pengakuan Penumpang Selundupkan 35 Burung Dalam Speaker, Ditangkap di Malaysia untuk Dipelihara

Let's block ads! (Why?)



"burung" - Google Berita
September 23, 2019 at 10:25PM
https://ift.tt/2m4BPVT

Dua Terduga Penyelundup Satwa Tertangkap di Bandara Soetta, Sembunyikan 35 Burung di Dalam Speaker - Tribunnews
"burung" - Google Berita
https://ift.tt/30iE0IL

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Dua Terduga Penyelundup Satwa Tertangkap di Bandara Soetta, Sembunyikan 35 Burung di Dalam Speaker - Tribunnews"

Post a Comment

Powered by Blogger.